Skip to main content
x
Daerah
Kepala Dinkes Bengkulu Selatan Siswanto S.Sos

Dinkes Bengkulu Selatan Ajak Warga untuk Cegah DBD

Wartaprima.com - Memasuki musim penghujan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan, mengajak warga untuk terlibat aktif mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinkes Bengkulu Selatan, Siswanto S.Sos menyebut, ada banyak hal yang dapat dilakukan warga untuk mencegah serta meminimalisir demam berdarah.

“Seperti menjaga kebersihan rumah dan lingkungan tempat tinggal, dengan selalu menerapkan 3M plus. Menguras, membuang dan mengubur benda-benda bekas yang dapat menampung air, karena bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab demam berdarah,” ungkap Siswanto belum lama ini.

Dijelaskannya, selain itu warga juga harus membudayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Dengan begitu lingkungan akan menjadi sehat, rumahnya sehat dan orangnya pun sehat,” ucap mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bengkulu Selatan ini.

Sebab, lanjutnya, jentik nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah, itu akan mudah berkembang biak di lingkungan yang kotor dan banyak genangan air. Itulah salah satu alasan mengapa warga diajak berperilaku hidup bersih dan sehat.

Menurut Siswanto, tanpa adanya peran serta warga, maka apapun upaya yang dilakukan pemerintah untuk meminimalisir demam berdarah tetap tidak akan membuahkan hasil sesuai yang diharapkan.

“Jadi, peran warga juga sangat penting. Sebab selagi warga tidak ikut terlibat, maka sekuat apapun upaya pemberantasan yang dilakukan pemerintah, itu tetap akan gagal,” tegasnya. (Ad)

Facebook comments

Promotion

Adsense Page